Selasa, 19 September 2017

Batasan Masalah dan Sistematika Pembahasan Skripsi

Berikut ini contoh dari Batasan Masalah dan Sistematika Pembahasan Skripsi yang sudah pernah saya buat pada saat masa perkuliahan dahulu, semoga bermanfaat bagi kalian semua.

1. Batasan Masalah

Dalam penelitian ini peneliti mengangkat judul tentang Pemberdayaan Sosial Ekonomi Masyarakat Di Sekitar Masjid (Studi Kasus Program Posdaya LPM UIN Maliki Malang Di Desa Tempursari Donomulyo Malang)”. Peneliti mengambil judul ini dikarenakan ingin mengetahui Kontribusi program pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat Desa Tempursari Kecamatan Donomulyo oleh Posdaya LPM UIN Malang serta mengetahui Keberdayaan sosial ekonomi masyarakat Desa Tempursari Kecamatan Donomulyo setelah adanya program Posdaya LPM UIN Malang.

Dengan keterbatasan informasi yang ada dan supaya permasalahan di atas tidak melebar jauh dan dapat dikaji dengan lebih spesifik, maka peneliti membatasi pada ruang lingkup pembahasan yang akan dibahas oleh peneliti.

Adapun ruang lingkup dalam pembahasan ini lebih terfokus pada kontribusi program pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat yaitu meliputi:

a) Program Penanaman Tanaman di wadah polybagBudidaya Lele
b) Budidaya Jamur
c) Program bimbingan belajar di TPQ masjid
d) Program Khotmil Qur’an dan Pengajian di masjid
e) Program Kerja Bakti
f) Program Lomba Keagamaan di masjid

Dari program-program di atas dapat meningkatkan keberdayaan sosial ekonomi masyarakat sekitar masjid Jendral Ahmad Yani desa Tempursari Kecamatan Donomulyo. Di sini peneliti mengambil masyarakat sekitar masjid dikarenakan keterbatasan peneliti dalam menjangkau luasnya desa Tempursari sehingga peneliti hanya memfokuskan pada masyarakat sekitar masjid. Dalam pembahasan ini yang menjadi informan wawancara adalah keapala desa, ketua RT01/RW01 desa dan warga sekitar masjid Jendral Ahmad Yani.

Batasan Masalah dan Sistematika Pembahasan Skripsi

2. Sistematika Pembahasan

Sistematika pembahasan dalam penelitian di dimaksudkan untuk memberikan gambaran umum mengenai masalah yang akan dibahas.

BAB I - Merupakan pendahuluan yang memuat kerangka pokok yang dijadikan landasan untuk penelitian meliputi: latar belakang, fokus penelitian, tujuan penelitian, kegunaan penelitian serta sistematika pembahasan.

BAB II - Merupakan kajian teoritis yang akan membahas tentang berbagai teori yang berkaitan dengan fokus penelitian di atas.

BAB III - Mengkaji tentang metodologi penelitian, meliputi: lokasi penelitian, jenis penelitian, data dan sumber data, subjek dan objek peneliatian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data dan kehadiran peneliti

BAB IV - Dalam bab ini berisi kajian empiris yang menyajikan hasil penelitian lapangan pada pembahasan ini akan terlihat realita yang sebenarnya nanti akan dipadukan dengan teori yang ada.

BAB V - Pada bab ini berisi tentang pembahasan hasil penelitian ini yang mengintegrasikan temuan penelitian kedalam kumpulan pengetahuan yang sudah ada, dengan jalan menjelaskan temuan-temuan penelitian dalam kontek khasanah ilmu yang lebih luas. Hal ini dilakukan dengan membandingkan temuan-temuan penelitian yang diperoleh dengan teori dan temuan empiris lain yang relevan.

BAB VI - Merupakan penutup meliputi: kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan realitas hasil penelitian, demi keberhasilan dan pencapaian tujuan yang diharapkan.
Disqus Comments